Dinginnya Puncak, Mematikannya Coklat

Dalam rangka menerima ajakan temen (plus traktiran), hari Minggu siang menjelang akhir bulan Mei lalu saya jalan untuk ber-Wisata Kuliner lalu bermalam di Puncak. tapi sebelomnya kami makan dulu di Bogor, karena si Temen yg sebisa mungkin gak saya sebut di postingan kali ini lupa pernah makan Nasi Goreng di Bogor sebelah mana padahal udah pernah saya ajak bareng keluarga.

Kami sama pasangan masing-masing jalan setelah Zuhur dari Pondok Cabe, konvoi aja naik motor (ciee, mau dibilang ‘biasa’ banget, Bon?), niatnya biar cepet sampe karena ngindarin macet akibat sistem buka-tutup jalur Puncak (padahal emang gak ada mobil).

Oke. tujuan pertama untuk makan siang langsung ke Rumah Makan Nasi Goreng Guan Tjo di Jl. Surya Kencana. kalo lagi menelurusi Jl. Surya Kencana, pelan-pelan ya. sekitarnya gak ramai tapi juga gak gampang dilihat plangnya. pokoknya habis Soto Kuning yg rame-rame itu.. Speciality dan terkenalnya sebenernya Nasi Goreng Petenya, kita-kita  pesennya Nasi Goreng Spesial, which is cuma ditambah telor, harganya Rp 24.000. Teh anget tawar gratis!

nasi goreng guan tjo
Nasi Goreng “Spesial” Guan Tjo

Tenang aja, walopun tampang sederhana, tapi porsinya banyak kok. rasanya enak dan bikin kenyang! typical-nya Chinese style ya. kalo perut masih ada tempat, cobain menu bubur kacang ijonya ya. itu juga enak banget, ada jahe-jahenya. dijamin seger dan siap nyetir ke Puncak dingin-dingin. ini foto Bubur Kacang Ijonya, saya ambil waktu kunjungan kesini pas berdua doang sama Pacar.

Bubur Kacang Ijo
Bubur Kacang Ijo Guan Tjo

Alamat lengkapnya

Nasi Goreng Guan Tjo
Jl. Surya Kencana No.193, Surya Kencana
(0251) 4822078

Lanjut sampe Puncak, kami berempat langsung menuju hotel yg udah kami booking di klikhotel.com, namanya Amazing Bumi Ciheurang. Lokasinya sebenernya udah masuk daerah Cianjur, tapi kalo cari petanya di Google, bakal bingung karena gak ada yg bener (coba nanti saya update sekalian sama koordinatnya, kalo inget). Karena jalannya dari awal santai, jadi sampai sini udah sekitar jam 5 sore. istirahat sekaligus nunggu habis Maghrib. nah, setelah itu kami jalan dulu ke Factory Outlet buat liat2 baju sekaligus nunggu perut laper lagi.

Sekitar jam 9 malem kami turun lagi ke Puncak Pass guna menghampiri Poffertjes. Buat saya ini semacam nostalgia jaman kecil waktu kesini diajak Alm. Bokap. Tapi kalo buat temen saya sih, baru pertama kali nyoba. cari aja warung yg ada Poffertjes di menunya (biasanya ditulis ditembok). saya sih milihnya yg paling terang & rame aja. Dan pas saya masuk, ada geng dede-dede gemes juga lagi santap ringan disini.

Ini dia…

Poffertjes

Sekarang beda yah, bentuknya gede-gede. dulu mah kecil-kecil kayak takoyaki gitu kan? saya pesen yg topingnya coklat (meises) sama original (gula bubuk atau yg famous pakenya gula donat). Rasanya oke lah. fluffy, luarnya garing, dalemnya masih moist banget. roti goreng kelas atas hehe. harganya Rp 25.000 isi 6 biji.

Kalo poffertjes buat dimakan rame-rame, kalo ini sebenernya kepunyaan beda-beda. Pacar pesen teh susu, saya & temen saya makan jagung bakar, pacarnya temen pesen Indomie rebus pake telor. rasanya? ya gitu, jagung dibakar. tp kok saya lebih seneng sama yg dibakar sama Mamang-mamang di Mesjid Puncak itu ya, ketimbang Teteh-teteh yg punya warung ini. mungkin kibasan kipasnya lebih manteb?

IndomieTelorJagungTehSusu

Karena tujuan utama kami bukan lah makan disini, jadi sambil nunggu laper lagi, nongkrong agak lama sambil nonton sinetron yg dipasang sama yg empunya warung. sinetron yg pemerannya anak sekolah tapi sepanjang episode gak ada adegan belajarnya. mau jadi apa Indonesia kalo generasinya seperti itu 😥

Nah.. ini dia tujuan utama kami. yg jadi keharusan kalo main ke Puncak.

SATE MARANGGI!

Sate Maranggi Cianjur
Sate Maranggi Cianjur

Sate yg udah terkenal ini ada dua pilihan sate. Sate Daging Rp 3.000/tusuk sama Sate Campur (mix sama lemak sapi) Rp 2.500/tusuk. kalo saya (dan keluarga) sih selalu pesen yg Campur. selain lebih murah, tetesan-tetesan lemak yg nyiram daging bikin daging-daging di sampingnya lebih moist alias basah. soalnya ini bukan jenis sate yg disiram bumbu atau saus. oh iya, sate ini dimakannya bisa bareng nasi atau ketan bakar, hanya Rp 2.000/biji. dicocol pake sambel oncom (duh, maaf gak ada fotonya. terlalu semangat santapnya).

Ini foto tumpukan sate yg belom dibakar, dulu waktu awal-awal kesini.. (mentahnya aje ngiler!)

SateMaranggiCianjur
Sate Maranggi Cianjur

Sate Maranggi & Ketan Bakar
Sate Maranggi & Ketan Bakar

Alamat lengkapnya

Sate Maranggi “Sari Asih”
Pak Maskur
Jalan Raya Cipanas, Pacet, Cianjur
(0263) 514401 / 081906504168

Jangan khawatir susah nyari lokasinya. Pokoknya setelah Istana Negara, ada di kanan jalan dan seberangan sama Pegadaian. nanti ketemu pertigaan, maju dikit banget, bakal ada tempat yg banyak kepulan asapnya. ada plangnya juga kok. kalo gak ketemu juga ya tanya orang pinggir jalan deh, atau telfon langsung. hihi.. Dari Sate ini kami langsung menuju hotel, istirahat sambil merencakan besoknya mau kuliner apa di Bogor.

Pagi besoknya kami sarapan di hotel. Nasi goreng plus ayam goreng, biasa yah, jadi gak saya foto. trus saya berenang-berenang dulu di hotel (olahraga wajib kalo nginep keluar kota). pokoknya setelah check out dari sini kami langsung menuju Bogor lagi guna menyambangi resto favorit saya & keluarga.

Yaitu, Kedai Kita. tempat ini adanya di seberang PIA Apple Pie yg terkenal itu, deketan sama Hotel Pangrango. Saya tau harusnya foto kedainya atau eksteriornya, tapi kelupaan (maklum, food bloger baru, mohon bimbingannya!). sampe sana saya langsung ngambil tempat duduk yg kursi panjang jadi kami berempat bisa leluasan duduk haha. tapi memang karena pelayan disini udah gak seperduli dulu waktu pertama saya kesini bareng keluarga, sekarang lebih susah dipanggil 😦 jadi kalo kalian sampe sana, langsung masuk aja, pilih kursi yg paling keliatan dari mana-mana. makanya saya gak pernah makan di dalem, karena paling jarang dilewatin pelayannya.

Okeh, dapet menu, langsung cari-cari menu yg di-bold (ditebelin) tulisannya. artinya Best Seller soalnya. Dan ini yg kami pesen…

KedaiKitaBogor
Mie Ceker Lada Hitam, Mie Sapi Lada Hitam, BBQ Smoked Beef Pizza

Sebenernya ada Mie Sapi Lada Hitam, cuma gak kefoto.

Tuh kan! Menu juga gak kefoto. Ck! 😦

Seinget saya pokoknya Mie Hot Plate Cekernya sekitar Rp 25.000, kalo yg sapi-sapi itu Rp 28.000 dan Pizza Bakarnya Rp 60.000 (ini endes bangat, emang Best Seller sih)

Kedai Kita
Jl. Pangrango No.21 Cibuluh Bogor Utara – Kota Kota Bogor Jawa Barat
(0251) 8324160

Dan tempat terakhir yg kami datangi dalam rangka wisata kuliner Puncak – Bogor ini adalaaaah….

Death by Chocolate!

Ini semacam ketinggalan zaman apa gimana, kami baru pertama kalinya makan DBC hahaha! ya saya kepikiran kesini karena dulu terkenal banget, lebih lagi karena temen deket saya ini maniak coklat banget. jadi saya ajak kesini deh. trus kan tergoda sama menu-menunya ya, jadi pesennya gak keru-keruan.

DBCBogor

Yg dipesen pacar adalah… lupa namanya. pokoknya biskuit (kayak lady finger-nya Tiramisu) dicocol ke gula bubuk atau coklat hangat. tapi sayang, coklat hangatnya lebih cocok untuk cocolan (inget Churros?) ketimbang diminum gitu aja. terlalu plain. terlihat muka Pacar yg kecewa 😦 Rp 20.000-an kalo gak salah.

Kalo saya pesennya Special “DBC” ala mode. itu brownies yg di tengahnya ada melted chocolate, disiram rhum banyak banget trus dikasih 2 scoop es krim vanilla. menarik. sebenernya brownies-nya gak manis, tapi emang magteg banget coklat. dan rhum meringankan rasa itu. Lalu es krim vanilla adalah penyegar yg baik. nyum! Rp 25.000

Special

 temen dan Pacarnya pesen Death by Chocolate. semacam signiture-nya gitu. dan ternyata adalah brownies kayak punya saya, tapi versi panjangnya. bentukannya lucu, kayak peti mati/kuburan, trus dikasih chocolate praline yg ceritanya batu nisan.

Death by Chocolate

Disini kami dibikin mabok coklat banget. selain karena perut udah setengah keisi sama makanan di Kedai Kita tadi. akhirnya brownies panjang ini dibungkus setengah buat bekal kami ke Bali besok subuhnya. horeee.. Sebelum balik, saya sempetin ke toilet DBC. ternyata kece! homey, besar, bersih dan unik desainnya. bisa mandi juga disini kalo mau haha. kalau tau pasti saya bawa hp buat foto. ini alamat lengkapnya, kali ajaaa ada yg masih butuh.

Death by Chocolate
Jalan Ceremai 22, Bogor
(0251) 8377725

Overall Wisata Kuliner kali ini saya senang sekali lah. semua lancar tanpa terganggu hujan. kantong juga Alhamdulillah gak kering hehe..

Leave a Reply

